(Banyubirunews). Bukit Gununggono yang biasanya sunyi, pagi ini Sabtu (11/08) terlihat hingar bingar suara musik mengalun. Masyarakat berbondong-bondong berkerumun menghadap ke timur ke arah dua gunung, Merapi dan Merbabu. Tampak dari celah antara dua gunung tersebut cahaya kuning keemasan yang terasa mulai hangat dirasakan para pengunjung.

Gununggono Sunrise Music, pagi ini menggema membangunkan warga dari tidur nyenyaknya. Tiga Grup Band, Coffee Cup Band, Seven Light Band dan Prihatin Band tampil secara bergiliran menghibur penonton yang sejak habis subuh sudah mulai memadati pelataran puncak Gununggono. 

Festival Lembah Merapi tahun ini digelar di Puncak Gununggono Desa Wisata Banyubiru. Hadir dalam acara pembukaan Festival tersebut, Bupati Magelang Zainal Arifin, SIP yang dalam sambutannya mengatakan, "setahun yang lalu saya hadir ditempat ini untuk meresmikan pembukaan Desa Wisata Banyubiru dan sekarang sudah berubah menjadi seperti ini." 

Tentu saja ini sangat menggembirakan bagi masyarakat khususnya warga Desa Banyubiru, karena dengan adanya kegiatan ini masyarakat selain mendapatkan hiburan yang murah atau gratis, masyarakat juga bisa mendapatkan manfaat secara ekonomis. Para pedagang, pemilik Home Stay, UMKM semua ambil bagian dalam peningkatan ekonomi warga. "Festival ini adalah upaya mengangkat potensi Desa Banyubiru sebagai destinasi wisata baru." kata Wintoro. 

Lebih lanjut Kepala Desa Banyubiru tersebut mengatakan, "Kami sadar bahwa tugas ini tidak mudah, maka dibutuhkan bantuan semua pihak, kami berharap event ini bisa ditetapkan sebagai agenda tahunan."